Wednesday, July 09, 2008

Wanted : Pemacu Adrenalin Tahun Ini


Judul : Wanted (2008)
Rating : B-
Critics: Nice Effect! Menegangkan.

spoiler warning review

Film diawali dengan cerita seorang akuntan yang frustasi dengan segalanya, pekerjaannya, kehidupannya. Adalah Wesley Gibson (James McAvoy ), seorang pria yang tumbuh dewasa tanpa mengetahui siapa ayah kandungnya. Wesley merasa kehidupannya sungguh tak berguna dan merasa dirinya sangat menyedihkan sehingga mengakibatkannya merasa stress dan harus mengkonsumsi obat penenang.

Hingga suatu hari dia bertemu seorang wanita sexy, Fox (Angelina Jolie ) pada sebuah tempat perbelanjaan dan juga Cross (Thomas Kretschmann ) yang ingin menghabisi nyawanya. Terjadilah adegan spektakuler dan menegangkan, balapan dan tembak-tembakan di jalan raya. Film ini banyak mengandung adegan-adegan rekayasa grafik yang mungkin pertama kali dipertontonkan oleh sebuah film action.

Lalu Wesley dibawa ke sebuah perkumpulan rahasia yang telah eksis selama seribu tahun lebih, The Fraternity. Dengan Sloan (Morgan Freeman ) sebagai pemimpin kelompok tersebut. Wesley diberitahukan bahwa dia adalah putra seorang pembunuh hebat, dan bahwa bapaknya baru saja dihabisi oleh Cross yang merupakan seorang anggota Fraternity yang membelot. Wesley juga diberitahu bahwa degup jantung yang dia rasa sebagai stress merupakan kelebihan dirinya yang memiliki detak jantung diatas normal sehingga mampu bergerak lebih cepat dari manusia biasa.

Singkat cerita, film memasuki tahap biasa-biasa saja, dimana Wesley dilatih oleh beberapa anggota Fraternity seperti layaknya adegan dalam Batman Begins atau sejenis Karate Kid, untuk menjadi seorang pembunuh hebat demi membalaskan dendam kematian ayahnya. Pelatihan demi pelatihan yang keras menempa Wesley menjadi seorang pembunuh profesional yang siap.

Mampukah Wesley membalas dendam ayahnya? Bagaimana perjalanan Wesley setelah menjadi pembunuh profesional? Semua akan sulit digambarkan dengan kata-kata dalam review ini, Anda harus menyaksikan sendiri.

Film yang diadaptasi dari komik ini berdurasi hampir 2 jam. Film ini banyak menampilkan adegan-adegan yang baru pertama ada dalam perfilman Hollywood. Adegan stunt mobil yang dahsyat walau hanya animasi grafik komputer dan juga adegan rangkaian gerbong kereta api yang jatuh ke jurang sungguh membuat penonton erat mencengkram pegangan kursi. Film ini sungguh sebuah hiburan menegangkan yang memacu adrenalin kita dari awal sampai selesai. Adegan demi adegan dalam Film ini dapat digambarkan sebagai 'Die Hard'-nya tahun 2008.

Sedikit bocoran, film ini memiliki ending yang tidak terduga.

2 comments:

doc_wong said...

Saya setuju dikasih grade B untuk keseluruhan film. Ceritanya memang menarik, namun akting dari McAvoy kurang mampu menandingi Jolie dan Freeman yang sudah kawakan. Beberapa adegan awal terasa kurang pas utk akting tokoh utamanya itu yang redup disinari "hawa pembunuh"nya kating kedua aktor/aktris besar itu.

Bahkan poster film tersebut lebih "menjual" Angelina Jolie (yang terpampang lebih besar dan makan space lebih banyak di poster itu).

Walaupun demikian, alur ceritanya memang menarik, visual efeknya juga sangat canggih, bahkan saya kategorikan luar biasa. Namun sayangnya, ceritanya tidak tergali mendalam. Malahan film Hancock, secara subjektif saya nilai, digarap lebih bagus untuk unsur ceritanya.

Ogi said...

grade B yah? berarti layak di tonton. Besok nonton ah, sayang di jogja masih lama maennya