Wednesday, July 09, 2008

Red Cliff : Pertempuran Bersejarah


Judul :
- The Battle of Red Cliff (2008)
- Chi Bi (2008)
- Red Cliff (2008)

Tanggal Rilis : 10 Juli 2008 (China)

Sinopsis:

Tahun ini kita kebagian dua film yang bercerita seputar Tiga Kerajaan (Three Kingdoms). Yang pertama adalah Three Kingdom : Resurrection of the Dragon yang sudah dirilis beberapa bulan lalu.
Red Cliff, menceritakan pertempuran epik yang terjadi pada masa tiga kerajaan. Pertempuran yang bersejarah yang kemudian dikenal sebagai "pertempuran tebing merah"

John Woo, sutradara yang dipercaya untuk menggarap film ini menyatakan bahwa film ini dibuat lebih berdasarkan sumber sejarah daripada berdasar Novel. Jadi kita harapkan pertempuran Red Cliff ini diharapkan sangat seru, karena melibatkan berbagai strategi perang menakjubkan dan pertempuran kolosal, yang sebelumnya hanya bisa kita bayangkan dengan membaca sejarahnya. Film yang memakan dana terbesar dalam sejarah film China (US$ 80 juta) tentu sedikit memberikan gambaran betapa dahsyatnya film ini.

Film ini berdurasi 4 jam, untuk regional Asia akan dibagi dalam dua bagian. Rilis bagian dua jam pertama pada Juli 2008, dan rilis bagian dua jam kedua pada Januari 2009. Tidak jelas mengapa harus setengah tahun jaraknya. Film ini menampilkan aktor-aktor yang sudah tidak asing lagi di telinga seperti Tony Leung sebagai Zhou Yu, Takeshi Kaneshiro sebagai Zhuge Liang, Vicky Zhou sebagai Sun Shangxiang dan aktor China Zhang Fengyi sebagai Cao Cao.

Sesuai janji John Woo, diharapkan film ini tidak berakhir seperti Resurrection of the Dragon yang ceritanya fiktif habis dan memelintir habis-habisan baik versi sejarah maupun versi novel dari epik Three Kingdom.

7 comments:

Michael_lung_99 said...

iya nich, gw jg lagi nunggu ini film. kesan gw keknya takeshi kaneshiro ngak cocok jadi zhugeliang. itu aja sich.

Hendra said...

Baru main nih disini. Hr ini dah mulai main. n dah liat trailer nya. keren abis kayaknya tuh film. tp emang kayaknya takeshi kaneshiro ngga cocok jadi zhu ge liang. n memang bener di asia dibagi jadi 2 bagian, tp kalo di luar asia cuma 1 bagian doang. untuk yg ini waktu putar nya 150 menit tuh.

Hendra said...

baru nonton hr ini, bagus sih film nya cuma kalo lanjutan hrs nunggu 6 bulan lama sekali, keburu lupa deh ceritanya.

doc_wong said...

Wah, Bang Hendra,
Di Singapore udah main ya?
Bikin reviewnya sedikit dong di sini!

michael_lung_99 said...

Gw dah ntn kemaren di bioskop. Film nya bagus sich. melibatkan banyak orang. Gw cuman agak serem dan ngak tega ketika pasukan cao cao dijebak masuk ke formasi bagua(kura2) pertempurannya terlalu lama.

disini gw juga gw mau bilang si Mastergunaone yg punya blog satenews adalah org yg sok intelektual padahal cuman bisa gosok pantat.

Waktu itu kita bahas Three Kingdom : Resurrection of the Dragon. Gw bilang kalo film itu
banyak fiktif nya. si Mastegunaone nyerang gw dengan bilang apa dasar referensi gw. Padahal gw dah pernah ke Chengdu dan berkunjung ke
wu hou ci (tempatnya zhugeliang)

budi chen duank said...

wakssssssssssssssss, untung gw ga nonton dolo ya red cliff nya, rupanya ada sambungannya, tunggu januari d baru nonton

Andry Chang said...

rating: A
Tapi emang terlalu panjang. Belum sampai trik2 waktu Zhuge Liang mengumpulkan 100 ribu anak panah sampai muncul tokoh Huang Gai.

Si Takeshi Kaneshiro jadi Zhuge Liang memang terkesan lebih ke 'innocent' daripada 'pandai bersiasat'. Kalau Zhou Yunya udah lumayan oke, harus terkesan licik dan pendengki.