Monday, June 16, 2008

Kungfu Panda - The Unexpected Hero

Judul: Kungfu Panda
Distribusi: Dreamworks Animation

Subjective Rating: A







Film yang sangat luar biasa...!

Saya tidak usah memuji lagi betapa tingginya kualitas grafis Dreamworks, tetapi juga keindahan-keindahan cita rasa seni dari setiap hasil gambarnya.

Kungfu Panda bercerita tentang seekor Panda bernama Po (Jack Black), anak penjual mie, yang berkhayal bisa menjadi pahlawan jagoan kungfu, alih-alih menjadi penjual mie. Alur cerita kemudian menjadi tegang ketika Tai Lung (Ian McShane), macan tutul jahat dengan kemampuan kungfu yang tak tertandingi, lepas dari penjara. Ketika Master Oogway (baca: Ukui, yang artinya kura-kura dalam bahasa Mandarin) (Randall Duk Kim), satu-satunya master kungfu yang mampu menandinginya (dan juga yang berhasil mengalahkan dan memenjarakannya di masa lalu), sudah sangat renta, maka mereka mesti menemukan pahlawan legenda kungfu: The Dragon Warrior.

Dragon Warrior adalah satu-satunya harapan mereka. Menurut legenda, pahlawan ini turun dari langit. Dengan cara yang sangat aneh, Po yang sangat ingin datang ke lokasi panggung tempat pencarian sang pahlawan, akhirnya harus mengunakan kembang api dan kemudian "jatuh dari langit" persis ke tempat pemilihan tersebut, dan merealisasikan legenda tersebut.

Kelucuan-kelucuan terjadi akibat Po yang memang Panda yang lugu dan culun; juga makan banyak ketika sedang stress ataupun marah; ditempa menjadi The Dragon Warrior. Pada dasarnya bahkan sang Shifu (Guru) (Dustin Hoffman) sendiri tidak percaya Po bisa dilatih kungfu apalagi menjadi the Dragon Warrior. Demikian juga murid-murid jagoan dari Shifu, yaitu Tigress (Angelina Jolie), Monkey (Jacky Chan), Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu) dan Crane (David Cross), tidak pernah bakal percaya sama sekali, Po adalah sang pahalawan legendaris itu, malahan cenderung memusuhinya; karena mereka sendiri secara diam-diam berharap, merekalah yang dipilih menjadi The Dragon Warrior.

Po, yang kemudian secara tidak sengaja terlihat bakat kungfunya kalo lagi pengen makan, akhirnya dilatih dengan cara spesial tersebut. Shifu harus berlomba dengan waktu menggodok Po menjadi ahli kungfu sejati, sebelum Tai Lung berhasil mencapai Valley of Peace, dan merebut Dragon Scroll, kitab gulungan rahasia kungfu sejati tertinggi, satu-satunya hal yang membuat perbedaan antara The Dragon Warrior dengan ahli kungfu biasa.

Film ini penuh dengan komedi yang mengocok perut penonton, bahkan pada saat sedang serius-seriusnya. Alur ceritanya sebenarnya sudah bisa ditebak, namun rangkaian-rangkaian situasi tak terduga khas film-kungfu-Jacky-Chan, yang membentuk alur tersebut membuat film ini penuh kejutan. Bahkan di akhir film, penonton masih dibuat terbahak-bahak saat Shifu disangka meninggal dalam damai. Hanya saja, film ini tidak menjawab, bagaimana Oogway bisa melebur begitu saja ke dalam angkasa, atau mengapa Po yang merupakan Panda merupakan anak dari bapaknya yang seekor Angsa?

Film ini juga kemudian menjadi berbobot, ketika disajikan dalam filosofi yang mendalam. Ketika seseorang putus asa, ketika seseorang merasa dirinya tidak berharga, atau ketika seseorang memilih untuk percaya.

"Yesterday is history, tomorrow is mystery, and today is a gift (that why we call it present=hadiah)" demikian pesan Master Oogway. Temukan lagi banyak petuah-petuah filosofis di dalam film ini. Film ini sangat layak tonton.

Jangan lupa download wallpaper dan screensavernya di sini dan di sini juga

18 comments:

doc_wong said...

Pepatah lainnya:
- There's no accident (tidak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan)

vadis said...

halo doc, boleh saya ikutan jadi kontributor? Ntar saya bikinkan layout yg bagus plus adsense juga. andry nih andrychang-at-gmail-dot-com

Nazieb said...

Saya belum nonton..
Belum ada di bioskop Malang..
:(

TaMie said...

wah.. jadi pengen nonton.
cabut ke bioskop atau tukang dvd y? =P

daaan said...

Ohh udah keluar yah, siap2 menuju TKP deh :D

Ave said...

lumayan deh.. sayang lucunya ga sampe buat gw sakit perut. kekeke..

Ogi said...

di jogja belum tayang nih

andri said...

pengen banget nontoh nih, tapi blum sempet-sempet :-D

MaNongAn said...

kayaknya bagus juga tuh, nunggu diputer di tipi aja deh.

.::he509x™::.

Dino said...

Aku kangen kartun bagus seperti Alladin (my favorite cartoon movie). Semoga ini sama bagusnya.

mercuryfalling said...

tunggu DVDnya aja dah

Tom said...

OK KO (courtesy of J)

Anonymous said...

Mungkin di poster filmnya tampilannya gak begitu menarik, dan orang akan berpikir ini film kartun biasa.. tapi setelah menyaksikannya, pasti berpendapat 180derajat deh...hehe3x.. setting / background pemandangannya sangat indah dan angle2 yg diambil untuk adegan2 pertarungan sangat hidup ( favoritku adalah ketika Tai Lung melepaskan diri dari penjara dan ketika Tai Lung melawan 5 jagoan di jembatan gantung... keren bangett..! ) Pokoke worthed banget deh nonton film nih di bioskop ^^

agusbong85 said...

MAU NONTON!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

darwinternazionale said...

Gue dah nonton...
Bagus...
Ga rugi dech nontonnya... :)

agusbong85 said...

Akhirnya udah nonton!!! hahahahaha.... asyik!! lucu lucu!! :)

SEX & THE CITY its a MUST juga!!!

Santi said...

Thanks for comming to my blog. Mau dong dikasih tau lagi kalo ada film yang punya filosofi tinggi. Btw, sebenarnya kalo Avatar dibuat filmnya juga keren. Soalnya banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari situ. Gimana menurut Anda

doc_wong said...

@vadis: selamat bergabung...
@nazieb: wah, harus nonton tuh!
@tamie: hmmm, pilihan yg sulit, memang
@daaan: tulis review kecilnya dong, di sini, please
@ave: ic ic...
@ogi: kalo sudah, review di sini dong
@andri: wah, sayang kalo kelewat
@manongan: bisa dua ampe tiga tahun, bro...
@dino: gambarnya sudah lebih canggih
@mercuryfalling: bikin review kecil ya di sini
@tom: sep sep
@anonymus: iya, adegannya seru dan keren banget di situ
@agusbong85: lucu banget, kan!
@darwininternazionale: toss!
@santi: Avatar, saya pasti nonton di premiernya. Filosofinya cool!