Monday, June 23, 2008

The Happening


The Happening (2008)
Genre : Thriller

Rilis Indonesia : 11 Juni 2008

Critics : Film pendek, cerita aneh, ending ga jelas.

Grade : D

[HATI-HATI!
mungkin berisi spoiler]

M. Night Shyamalan,
makin lama akan semakin memantapkan dirinya sebagai jaminan nama untuk film mengecewakan. Tidak banyak yang bisa direview untuk film ini selain, kritik yang banyak!

Cerita berawal ketika dalam sebuah taman di Central Park New York, orang-orang mulai membunuh diri sendiri. Pemerintah Amerika Serikat mengira akan ada serangan teroris. Serius, saya lebih mengharapkan ini film mengenai serangan teroris, daripada kejadian aneh yang tidak masuk akal yang akan menemani saya 1 jam 30 menit lewat dikit berikutnya.


Pertama hal yang saya tidak mengerti dengan Mr. Shyamalan mengapa film ini harus berdurasi sedemikian merugikan penonton. Kedua untuk sebuah bencana yang sangat alami tetapi mengakibatkan efek yang sangat tidak natural. Yang benar saja, saya kira lebih mudah bila tumbuhan menimbulkan racun yang langsung membuat manusia meninggal dalam sedetik daripada mengeluarkan racun yang mengontrol seluruh manusia untuk berjalan berhenti serentak, bengong, lalu mulai berjalan mundur untuk kemudian membunuh diri sendiri, apa gak berlebihan Om Shyamalan?!.


Ketiga, Eliot Moore (Mark Wahlberg) orang pertama di seluruh belahan Amerika sebelah timur yang mampu berpikir ala tumbuhan dan menemukan cara tumbuhan membunuh dengan metode memperkecil sampel. Brilian, bila diasumsikan di Amerika Serikat ada 400 juta jiwa , dan membagi rata timur-barat . Maka Eliot Moore adalah satu-satunya diantara 200juta yang bisa menemukan cara 'mengakali' pemusnahan massal manusia oleh tumbuhan ketika sedang berlari-lari di padang rumput. Sungguh HEBAT! Oh iya, dan dia hanya seorang guru SMA!

Film ini ingin menggambarkan bencana besar skala dunia tetapi mungkin karena keterbatasan modal akhirnya lebih mirip Texas Chainsaw Massacre yang terjadi di sebuah kampung. Dan herannya setelah film berakhir, dan Anda melihat jam, wow cepat banget! Adalah ekspresi termanusiawi yang bisa Anda lontarkan. Film ini tidak layak tonton. Bagi yang penasaran disarankan nonton di DVD saja deh. (sa)

1 comment:

Ogi said...

waw, sebegitunya kah ? untung aku blm nonton